About

default

Blogroll

Back to Top

Berapa Gaji Guru Honorer dan Guru PNS di Indonesia?




Belakangan isu tentang gaji guru yang tidak mencukupi kebutuhan kembali hangat. Ditambah lagi dengan isu terkait pelecehan seksual yang dialami oleh guru hingga akhirnya tersangkut kasus hukum, blum lagi lasus kriminal yang dilakukan oleh oknum guru dll seakan mencederai dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Semuanya sepakat dong kalau menjadi pendidik itu memiliki tantangan yang luar biasa. Kalau melihat dari semua kejadian yang pernah terjadi, mungkin orang-orang akan berfikir enggan untuk menjadi seorang guru. Alasan konkritnya adalah gajinya tidak seberapa, pekerjaannya banyak, kudu mempersiapkan ini-itu sebelum mengajar, sampai dengan tantangannya menghadapi anak-anak didik yang bandel. Belum lagi kalau salah dikit langsung jadi sorotan publik, kasus hukum, dll. Wah, kalau dipikir-dipikir sih profesi guru yang kerap dikaitkan dengan identitas "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" kudu ditinjau ulang nih. Harus ada penghargaan khusus untuk para pendidik.


Ngomongin soal penghargaan untuk para pendidik yang luar biasa ini, sepertinya pendidik di era sekarang tidak berapa butuh dengan awarding atau apalah itu.Karena sejatinya para pendidik ini lebih menuntut untuk kesejahteraan mereka, ditinjau dari penghasilannya yang kadang tidak sebanding dengan kerjaannya. Bagaimana tidak, penghasilan guru (honorer) terbilang masih sangat rendah bahkan hampir tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Okelah kalau misalkan ada istilah "mengajar adalah perbuatan mulia", tapi guru juga manusia khan? pastilah perlu memenuhi kebutuhannya, keluarganya, dll.


Pertanyaan yang kerap muncul adalah berapa sebenarnya gaji seorang guru non PNS (honorer) dan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia?, untuk menjawab itu semua, mari kita obrolin lebih lanjut. Pertama adalah kita nilai dari hal terkecil, yaitu jam mengajar. 


Mengapa jam mengajar berpengaruh pada gaji seorang guru honorer?

Dilansir dari pnsdanguru.info, Guru honorer dibayar berdasarkan jumlah jam mengajar. Banyak orang yang masih salah persepsi dengan penggajian guru honorer ini. Guru honorer biasanya mendapatkan jatah mengajar selama 6 jam atau 12 jam per minggu. Bayaran per jam mengajar pun berbeda-beda antar setiap sekolah. Ada yang dibayar 20 ribu, 13 ribu, dan lain sebagainya. Ada hal unik yang seringkali menimbulkan kesalahpahaman tentang gaji para guru honorer. Guru honorer biasanya diminta untuk mengajar selama 22 jam perminggu. Jika per jam adalah Rp 20 ribu, maka saat dikali dengan jam mengajar adalah Rp 440 ribu. Dan angka Rp 440 ribulah yang akan dibayarkan kepada guru honorer sebulannya. Jika seminggu guru honorer mengajar sebanyak 22 jam, maka dalam sebulan mereka mengajar selama 88 jam. Jika Rp 440 dibagi 88 jam maka artinya gaji honorer per jamnya hanyalah Rp 5 ribu saja. Sungguh sangat kecil khan?

Gaji guru PNS di Indonesia

Sementara guru PNS memiliki perhitungan gaji yang berbeda. Berdasarkan peraturan pemerintah no. 30 tahun 2015, seperti yang dilansir dari laman kependidikan.com, gaji guru PNS dapat di sederhanakan dengan total keseluruhan mencapai angka Rp. 5.363.235, yang meliputi gaji pokok sebesar Rp. 2.46.700, tunjangan fungsional: Rp. 327.000, tunjangan beras sebesar Rp. 122.835, dan serifikasi guru sebesar Rp. 2.456.700. Jumlah diatas belum termasuk tunjangan daerah, dimana-mana masing-masing daerah memiliki tunjangan dengan nama dan jenis berbeda.


Unjuk rasa guru honorer. Sumber foto: Kompasiana.com


Nah, itu sekilas perbedaan gaji guru honorer dan guru PNS di Indonesia. Sejatinya kebijakan soal penghasilan gaji pendidik di Indonesia ini terus mengalami pembenahan untuk benar-benar bisa mensejahterakan. Kebijakan pemerintah soal pengangkatan guru honorer menjadi PNS juga bisa menjadi solusi kecil, atau para guru ini kembali berlomba-lomba untuk menjadi PNS. Faktanya adalah, kesenjangan soal perbedaan gaji ini terus menjadi isu yang berkembang luas, sehingga pemerintah memang kudu notice banget sama dunia pendidikan, terutama pada kesejahteraan pendidik. Kalau tidak ya unjuk rasa akan terus terjadi. Semoga saja tidal lagi. (HSA).


Sumber artikel dan gambar:

Gaji guru PNS di Indonesia: kependidikan.com, pnsdanguru.info, Kompasiana.com
Gambar ilustrasi: https://fee.org, https://www.panjimas.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Gaji Guru Honorer dan Guru PNS di Indonesia?"

Post a Comment