About

default

Blogroll

Back to Top

Hari Guru Jatuhnya di Tanggal 25 November, Ini Sejarahnya


Selamat hari guru teman-teman pendidik maupun yang masih teacher candidate di seluruh Indonesia. Sudah jadi agenda wajib nih setiap tanggal 25 November selalu diperingati sebagai hari guru. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa Penetapan Hari Guru Nasional ini tak lepas dari adanya perkumpulan guru se-Indonesia. Sejak zaman Belanda menjajah Indonesia, tepatnya pada tahun 1912, perkumpulan guru sudah ada dan diberi nama Persatuan Guru Hinda Belanda (PGHB). Namun karena mereka ingin sekali Indonesia merdeka, maka pada tahun 1932, namanya diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Jadi sudah ada sejak masa kolonial dulu.
Sedikit cerita nih, dulu semasa penjajahan Jepang di Indonesia guru amat sangat dihargai loh. Bagi warga Jepang (dulunya Nippon_red), guru adalah sosok yang paling penting dalam perkembangan sebuah bangsa. Lewat tangan guru lah pendidikan semua warga negara akan terfasilitasi, orang yang cerdas sekalipun pasti punya guru, itu sebabnya guru sangat dihormati. Nah, setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 24 sampai 25 November diadakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta. Di sanalah akhirnya dibentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Di hari terbentuknya PGRI ini juga ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. Sayangnya pada saat itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkait hal tersebut. 



Penetapan tanggal 25 November sebagai hari guru berdasarkan pada  keputusan presiden atau Kepres No. 78 Tahun 1994 yang menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang juga bersamaan dengan ulang tahun PGRI. Meskipun sudah ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional, namun tanggal 25 November belum ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Jumlah guru di Indonesia saat ini?

Ada yang tahu nggak berapa jumlah guru di Indonesia saat ini? kalau dilihat dari jumlah sekolah di Indonesia yang sangat banyak, tentu jumlah gurunya juga banyak. Kita ambil contoh konkretnya begini, di Kota Yogyakarta ada ratusan sekolah; misal SMP Muhammidayah yang bisa antara SMP Muhammadiyah 1 sampai SMP Muhammadiyah 8, belum SD dan SMA nya. Pasti buuuanyak banget.

Jumlah guru di Indonesia pada tahun 2017. Sumber Liputan6.com

Berdasarkan data yang dilansir dari Liputan6.com, jumah guru di Indonesia pada tahun 2017 mencapai angka 3,1 juta dan terus bertambah. Jumlah tersebut meliputi guru honorer dan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ohya, untuk informasi lengkap seputar data sekolah, siswa, guru, dll bisa diakses melalui Statistik Data Kembidbud.go.id. (HSA). Dari berbagai sumber.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Guru Jatuhnya di Tanggal 25 November, Ini Sejarahnya"

Post a Comment